TA DIGITAL
Rancang Bangun Sistem Transaksi Menggunakan QRIS Berbasis Framework Pada Rumah Makan = Planning To Build A Transaction System Using A QRIS-Based Framework On The Dining House
Peningkatan teknologi dalam industri makanan dan minuman telah mendorong
pengembangan sistem transaksi yang efisien dan inovatif. Dalam konteks ini, penelitian ini
bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sebuah sistem transaksi berbasis QRIS
(Quick Response Code Indonesian Standard) yang terintegrasi dengan framework pada
sebuah rumah makan. Sistem ini bertujuan untuk mempermudah proses pemesanan menu
makanan dan minuman serta mengoptimalkan operasional rumah makan untuk mencapai
efisiensi dan kelancaran. Rumah makan sebagai entitas bisnis memiliki kebutuhan akan
pengelolaan transaksi yang efisien untuk meminimalkan antrian dan mengurangi kesalahan
dalam penginputan pesanan. Dalam kerangka ini, digunakanlah teknologi QRIS sebagai
solusi untuk memfasilitasi proses pembayaran dengan cepat dan aman. QRIS
memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran dengan memindai kode QR yang
mengandung informasi transaksi. Hal ini mengurangi keterlibatan langsung dengan
perangkat keras, meningkatkan kecepatan transaksi, dan mengurangi risiko kesalahan
input. Penelitian ini juga bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem
transaksi menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) berbasis
framework dalam konteks rumah makan. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut,
penelitian ini mengadopsi metode pengembangan perangkat lunak Rational Unified
Process (RUP), yang dikenal sebagai pendekatan iteratif dan incremental untuk
mengembangkan perangkat lunak. Tahapan-tahapan metode RUP, yaitu perencanaan,
pengorganisasian, konstruksi, dan transisi, diintegrasikan ke dalam proses pengembangan
sistem transaksi berbasis QRIS untuk rumah makan. Hasil dari penelitian ini diharapkan
memberikan panduan praktis bagi pengembang perangkat lunak dalam merancang sistem
transaksi menggunakan QRIS berbasis framework, dengan pendekatan pengembangan
yang adaptif melalui metode RUP. Dengan menggabungkan inovasi teknologi pembayaran
dan pendekatan pengembangan perangkat lunak yang terstruktur, rumah makan dapat
meningkatkan efisiensi dalam proses transaksi dan memberikan pengalaman yang lebih
baik bagi pelanggan.
No other version available