TA DIGITAL
Rancang Bangun Game Edukasi Kisah Anoman Menyelamatkan Dewi Sinta Berbasis Android = Android based Educational Game Design of Anoman's Story to Save Dewi Sinta
Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak orang yang mulai menjauh dari budaya-budaya lama Indonesia, salah satunya adalah budaya pewayangan. Dalam upaya untuk menggabungkan hiburan dan pembelajaran, telah dikembangkan permainan edukasi berjudul Anoman Obong. Permainan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman bermain yang menghibur sekaligus memberikan pemahaman tentang kisah tradisional pewayangan, khususnya kisah Anoman. Guna mencapai tujuan ini, metode Game Development Life Cycle (GDLC) digunakan dalam proses pengembangan. Permainan ini berbentuk platformer dan petualangan interaktif yang mengangkat karakter-karakter pewayangan. Dalam proses pembuatannya, Unity Game Engine digunakan untuk merancang lingkungan permainan yang menarik dan penuh tantangan. Metode Game Development Life Cycle (GDLC) diterapkan untuk memastikan kelancaran dan kualitas permainan. Tujuan utama dari permainan Anoman Obong adalah memberikan pengetahuan tentang kisah tradisional kepada pemain, sekaligus memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan. Karakter Anoman diambil sebagai fokus utama untuk membantu pemain memahami kisah pewayangan yang terkandung dalam cerita Anoman Obong. Game ini dikembangkan khusus untuk platform Android versi 5.1 keatas. Berdasarkan hasil kuesioner yang melibatkan 25 responden, diperoleh hasil persentase kepuasan pengguna sebesar 86,88%, mengindikasikan bahwa pengguna sangat puas dengan permainan Anoman Obong.
Kata Kunci: Wayang, Anoman, Game Edukasi, Budaya, Android.
No other version available