TA DIGITAL
Aplikasi Edukasi Anatomi Sistem Pernapasan Manusia Berbasis Mixed Reality Dengan Interaksi Occlusion Detection = Mixed Reality-Based Human Respiratory System Anatomy Education Application With Occlusion Detection Interaction
Hanna Firdausiah Fasya Kamilla dan Muhammad Bintang Pramono. “Aplikasi Edukasi Anatomi Sistem Pernapasan Manusia Berbasis Mixed Reality Dengan Interaksi Occlusion Detection”, Tugas Akhir DIII Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Semarang, di bawah bimbingan Liliek Triyono, S.T., M.KOM. dan Muhammad Irwan Yanwari, S.KOM., M.ENG., 16 Agustus 2023, 91 hal.
Rendahnya prestasi belajar dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) seringkali disebabkan oleh berbagai faktor kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa. Salah satu faktor yang berperan adalah aspek psikologis yang dapat mengurangi minat belajar, motivasi, konsentrasi, konsistensi belajar, dan juga memengaruhi tingkat intelegensi. Khususnya dalam pembelajaran anatomi, siswa perlu memahami struktur tubuh dari berbagai sudut pandang yang terkadang kompleks. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran inovatif dengan nama "ReSan MR", sebuah aplikasi edukasi berbasis Mixed Reality yang mengajak siswa untuk mengeksplorasi sistem pernapasan manusia dengan cara yang menarik, interaktif, dan menyenangkan. Penelitian ini juga berfokus pada implementasi teknologi Occlusion Detection yang memungkinkan interaksi yang lebih realistis dalam lingkungan Mixed Reality. Penelitian ini mengadopsi metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang meliputi tahap konseptualisasi, desain inti aplikasi, pengumpulan materi, pembuatan aplikasi, pengujian, dan distribusi. Aplikasi ReSan MR dibangun menggunakan perangkat lunak Unity 3D dengan bahasa pemrograman C# dan engine Mixed Reality Vuforia. Aplikasi ini menawarkan tiga fitur utama: menu utama Mixed Reality, menu latihan soal, dan konsultasi berbasis Kecerdasan Buatan (AI). Hasil pengujian aplikasi menggunakan kuesioner pada siswa SMP menunjukkan tingkat kepuasan sebesar 88.57%. Responden menyatakan kepuasan tinggi terhadap keseluruhan aplikasi ReSan MR. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan aplikasi ini dapat meningkatkan minat belajar siswa SMP dalam memahami anatomi sistem pernapasan manusia dan memberikan pengalaman belajar yang baru.
Kata kunci: Mixed Reality, Occlusion Detection, Edukasi, Anatomi Sistem Pernapasan Manusia
No other version available