TA DIGITAL
Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah terhadap jasa atm pada PT bank BRI (persero) Tbk. Unit Tersono Batang
Tujuan dari penulisan Tugas Akhir Ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah terhadap jasa ATM pada PT. Bank BRI (persero) Tbk. Unit Tersono Batang. Metode Pengumpulan data yang digunakan terdiri dari kuesioner, observasi, tinjauan pustaka, dan sampling.
Sampel penelitian Tugas Akhir ini adalah nasabah pengguna jasa ATM dari PT. Bank BRI (persero) Tbk. Unit Tersono Batang dengan jumlah 60 responden. Penelitian ini menggunakan variabel ketanggapan, kehandalan, empati, jaminan dan bukti langsung. Model analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan persamaan Y = a + b₁ X₁ + b₂ X₂ + b₃ X₃ + b₄ X₄ + b₅ X₅ + e. persamaan regresi menunjukkan arah positif pada variabel responsiveness, realiability, empaty,dan tangible. Dan arah negatif pada variabel assurance. Uji kualitas data menunjukkan pada item pertanyaan no 7 tidak valid dikarenakan banyaknya nasabah yang tidak mengetahui bahwa ATM dapat digunakan pada seluruh mesin ATM yang berlogo LINK atau ATM Bersama. Untuk pengujian regresi linier berganda, item pertanyaan no 7 tidak di gunakan. Pada pengujian asumsi klasik terhadap data penelitian menunjukkan bahwa data telah memenuhi asumsi klasik. Teknik analisis menggunakan uji F dan uji t. Hasil uji f menunjukkan pengaruh ketanggapan (responsiveness), kehandalan (realiability), empati (empaty), jaminan (assurance), dan bukti langsung (tangible). Secara bersama- sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah terhadap jasa ATM pada PT. Bank BRI (persero) Tbk Unit Tersono Batang. Dengan menggunakan uji t diperoleh hasil Ketanggapan (responsiveness), empati (empaty) dan bukti langsung (tangible), secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah terhadap jasa ATM pada PT. Bank BRI (persero) Tbk Unit Tersono Batang. Sedangkan (reliability) dan Jaminan (assurance) secara parsial tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap jasa ATM pada PT. Bank BRI (persero) Tbk Unit Tersono Batang.
No other version available