SKRIPSI DIGITAL
Evaluasi Tata Kelola Layanan Teknologi Informasi pada Kantor Pertanahan Kota Semarang Menggunakan Framework ITIL Versi 3 Domain Service Operation = Evaluasi Tata Kelola Layanan Teknologi Informasi pada Kantor Pertanahan Kota Semarang Menggunakan Framework ITIL Versi 3 Domain Service Operation
Tarissa Putri Nugraheni, “Evaluasi Tata Kelola Layanan Teknologi Informasi pada Kantor
Pertanahan Kota Semarang Menggunakan Framework ITIL Versi 3 Domain Service Operation”, Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Komputerisasi Akuntansi Politeknik Negeri Semarang, di bawah bimbingan Dra. Mardinawati, M.M. dan Ahmad Wafa Mansur, S.ST., M.IM. Januari 2023, 71 halaman.
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis, mengevaluasi, dan mengetahui tingkat
kematangan tata kelola layanan teknologi informasi pada Kantor Pertanahan Kota Semarang menggunakan framework ITIL Versi 3 domain service operation serta memberikan rekomendasi perbaikan. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria
responden adalah pegawai yang bekerja pada bagian loket Kantor Pertanahan Kota Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kantor Pertanahan Kota Semarang sudah menerapkan sebagian besar prosedur service operation berdasarkan framework ITIL Versi 3. Rata- rata tingkat kematangan seluruh proses pada domain service operation sebesar 3,99 atau berada
pada level 4 yaitu Managed. Level tersebut menandakan bahwa tata kelola layanan teknologi informasi pada Kantor Pertanahan Kota Semarang sudah memiliki prosedur yang jelas, dan pelaksanaan terorganisasi dengan baik. Rekomendasi strategi perbaikan diberikan dengan tujuan untuk mencapai level kematangan yang diinginkan yaitu dengan meningkatkan tata kelola layanan teknologi informasi dan sistem informasi yang telah ada.
Kata Kunci: Tata Kelola Layanan Teknologi Informasi, Framework ITIL V3, Service
Operation, Tingkat Kematangan.
No other version available