SKRIPSI DIGITAL
Analisis Kebutuhan dan Penjadwalan Pemeliharaan Elevator Gedung Hotel Grasia Semarang = Analysis of Needs and Scheduling of Elevator Maintenance for Hotel Grasia Semarang Building
ABSTRAK
Banyaknya pengguna bangunan gedung bertingkat membutuhkan adanya
transportasi vertikal untuk menunjang kegiatan manusia yaitu dengan tersedianya
elevator. Elevator atau lift umumnya digunakan di bangunan bertingkat tinggi,
biasanya lebih dari tiga atau empat lantai. Elevator diperlukan terutama untuk
bangunan gedung bertingkat yang membutuhkan fasilitas memadai seperti
bangunan hotel. Menurut Permen PUPR Nomor 14/PRT/M/2017 tentang
Persyaratan Kemudahan Bangunan Gedung menjelaskan bahwa setiap bangunan
gedung bertingkat harus memenuhi Persyaratan Kemudahan hubungan vertikal
antar lantai yaitu salah satu nya harus tersedia lift/elevator. Permasalahan yang
dibahas pada penelitian ini yaitu banyaknya antrian yang terjadi di jam-jam sibuk
hotel pada saat weekend. Untuk menunjang pengolahan data, Peneliti menggunakan
data lalu lintas elevator dan data occupancy periode bulan Mei 2023. Metode
penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif, dengan pengambilan data
primer, data sekunder, serta pengolahan data. Dalam perencanaannya, elevator
meninjau beberapa faktor penting yaitu beban puncak, waktu perjalanan bolakbalik, waktu tunggu, kapasitas elevator, dan juga kecepatan elevator yang tiap-tiap
faktornya harus sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Namun, elevator di
gedung tersebut memiliki waktu tunggu yang cukup lama terutama pada jam-jam
sibuk seperti pada saat jam sarapan atau jam check-out dan check-in pengunjung
hotel. Hasil dari pengolahan data yang didapat yaitu pada waktu check-out
dihasilkan waktu tunggu rata-rata 61,33 detik yang melebihi standar dari SNI-03-
6573-2001 dengan kecepatan elevator 1 m/s, perjalanan bolak-balik 67 detik
dengan kapasitas angkut 600 kg. Sedangkan, untuk dapat memenuhi ketentuan
waktu tunggu elevator bangunan hotel menurut SNI-03-6573-2001, maka waktu
tunggunya harus berkisar antara 40-60 detik. Untuk dapat memenuhi ketentuan
tersebut diperlukan penambahan kecepatan rekomendasi elevator menjadi 2 m/s
yang menghasilkan waktu tunggu baru yaitu 54 detik. Selain itu, jadwal perawatan
elevator disajikan dalam bentuk tabel checklist berdasar periode waktu agar dapat
mempermudah penjadwalan perawatan komponen elevator.
Kata Kunci : elevator, pemeliharaan, jumlah elevator, hotel, penjadwalan,
komponen kritis
No other version available