TA DIGITAL
Pengaruh Brand Awareness dan Brand Loyalty terhadap Brand Equity pada Jasa Pelatihan dan Sertifikasi PPSDM Migas Cepu = The Influence of Brand Awareness and Brand Loyalty on Brand Equity at Cepu Oil and Gas PPSDM Training and Certification Services
Untuk bersaing dengan perusahaan lain, nilai sebuah merek menjadi suatu hal
yang penting bagi perusahaan. Perusahaan dengan nilai brand equity tinggi akan lebih mudah bersaing dengan keunggulan kompetitif yang baik dan berpeluang besar untuk tetap eksis dipasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktorfaktor yang mempengaruhi brand equity pada jasa pelatihan dan sertifikasi PPSDM Migas Cepu. Faktor penentu yang digunakan adalah brand awareness dan brand loyalty. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik purposive sampling yaitu dengan menyebarkan kuesioner ke konsumen yang sudah pernah menggunakan jasa pelatihan dan sertifikasi PPSDM Migas Cepu dengan responden sebanyak 58 instansi/perusahaan. Metode analisis data ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda, dengan alat uji statistik SPSS 25. Diperoleh hasil Y = 4,102 + 0,532X1 + 0,371X2 ditemukan bahwa brand awareness berpengaruh positif sebesar 0,532 terhadap brand equity dan brand loyalty berpengaruh positif 0,371 terhadap brand equity. Pada hasil uji F didapatkan bahwa 0,000 < 0,025 dimana Brand Awareness dan Brand Loyalty secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Equity. Besarnya koefisien determinasi adalah 0,690 hal ini berarti 69% dari brand equity dapat dijelaskan oleh brand awareness dan brand loyalty sedangkan sisanya sebesar 31% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Hal ini menunjukkan bahwa brand awareness dan brand loyalty memainkan peran penting dalam meningkatkan brand equity.
Kata kunci: brand awareness, brand loyalty, brand equity
No other version available