TA DIGITAL
PENGARUH PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI RICHEESE FACTORY SEMARANG = THE EFFECT OF PRODUCTS AND SERVICES ON CUSTOMER SATISFACTION RICHEESE FACTORY IN SEMARANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produk di Richeese Factory Semarang, pengaruh produk terhadap kepuasan konsumen di Richeese Factory Semarang, mengetahui pengaruh pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Richeese Factory Semarang, mengetahui secara bersama-sama produk dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Richeese Factory Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian survey, menggunakan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini para konsumen Richeese Factory Semarang. Ukuran sampel penelitian yang diambil sebanyak 91 yang dipilih menggunakan teknik convenience sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengujian instrumen dilakukan dengan menguji validitas dan reliabilitas. Analisis regresi yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk dan pelayanan secara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelangan, variabel produk memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan, dan variabel pelayanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh sebesar 45,2%, itu berarti bahwa produk dan pelayanan memberikan pengaruh 45,2%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Rekomendasi dari hasil penelitian ini, selalu meningkatkan kualitas produk dan memperbaiki sistem pemesanan serta meningkatkan efisiensi kecepatan pelayanan.
Kata kunci: Produk, pelayanan, dan kepuasan pelanggan
No other version available