TA DIGITAL
Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Sifat Konsumtif Dan Promosi Terhadap Keputusan Menggunakan Pinjaman Online Pada Mahasiswa Kota Semarang = The Influence Of Financial Literacy, Lifestyle, Consumptive Nature And Promotion On The Decision To Use Online Loans In Semarang City Students
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh literasi
keuangan, gaya hidup, sifat konsumtif, dan promosi terhadap keputusan
menggunakan pinjaman online pada mahasiswa di Kota Semarang baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa di Kota Semarang yang menjadi pengguna pinjaman online. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 100 responden yang dikumpulkan melalui kuesioner dengan teknik snowball sampling. Model analisis data menggunakan Model Analisis Regresi Linier Berganda. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan Uji Statistik F, Uji Statistik Koefisien Determinasi (Adjusted R Square), dan Uji Statistik t. Hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan, gaya hidup, sifat konsumtif, dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan pinjaman online pada mahasiswa Kota Semarang. Secara parsial, variabel literasi keuangan, gaya hidup, sifat konsumtif berpengaruh tidak signifikan, sedangkan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan pinjaman online pada mahasiswa Kota Semarang.
Kata Kunci : Pinjaman Online, Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Sifat
Konsumtif, Promosi, Keputusan Menggunakan
No other version available