TA DIGITAL
Analisis Pengaruh Digital marketing, Promosi Penjualan, dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Terhadap Perilaku Impulsive buying Pengguna Shopee Di Kota Semarang = Analysis of the effect of Digital marketing, Sales Promotion, and Ease of Use of Applications on Impulsive buying Behavior of Shopee Users in the Semarang City
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing, promosi penjualan, dan kemudahan penggunaan aplikasi terhadap perilaku impulsive buying pengguna shopee di Kota Semarang, baik secara parsial maupun simultan.
Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner, dengan populasi pada penelitian ini adalah masyarakat yang berdomisili di Kota Semarang dan menjadi pengguna aplikasi shopee. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Model analisis data pada penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda, sedangkan teknik analisis menggunakan Uji Statistik F, Uji Koefisien Determinasi (R2), dan Uji Statistik t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital marketing, promosi penjualan, dan kemudahan penggunaan aplikasi berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku impulsive buying pengguna shopee di Kota Semarang. Secara parsial variabel Digital marketing dan Promosi Penjualan berpengaruh signifikan terhadap perilaku impulsive buying pengguna shopee di Kota Semarang. Namun variabel Kemudahan Penggunaan Aplikasi berpengaruh tidak signifikan terhadap Perilaku Impulsive buying pengguna shopee di Kota Semarang. Berdasarkan analisis regresi, nilai Adjusted R Square sebesar 0,462 yang menunjukkan bahwa digital marketing, promosi penjualan, dan kemudahan penggunaan aplikasi memberikan pengaruh sebesar 46,3 % terhadap perilaku impulsive buying. Sedangkan 53,7 % sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
No other version available