SKRIPSI DIGITAL
Analisis Pengaruh Religiusitas, Literasi Keuangan Syariah, Brand Image, dan Electronic Word of Mouth (EWOM) Terhadap Minat Menabung di Bank Umum Syariah (Studi Pada Masayrakat Kabupaten Blora) = Analysis of the Influence of Religiosity, Sharia Financial Literacy, Brand Image, and Electronic Word of Mouth on the Interest in Saving in Sharia Commercial Banks (Study on the Community in Blora Regency)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis signifikansi pengaruh Religiusitas, Literasi Keuangan Syariah, Brand Image, dan Electronic Word of Mouth (EWOM) Terhadap Minat Menabung di Bank Umum Syariah pada Masyarakat Kabupaten Blora, baik secara simultan maupun parsial.
Populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat Kabupaten Blora. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yang berupa purposive sampling (judment sampling)sebanyak 100 responden. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Model analisis data menggunakan Model Analisis Regresi Linier Berganda. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Uji Statistik F, Koefisiensi Determinasi (R2), dan Uji Statistik t yang diolah dengan program SPSS 25.
Hasil analisisi dan pembahasan menunjukan bahwa variabel religiusitas, literasi keuangan syariah, brand image, dan electronic word of mouth (EWOM) berpengaruh signifikan terhadap minat menabung di Bank Umum Syairah pada Masyarakat Kabupaten Blora. Secara parsial variabel religiusitas, brand image, dan electronic word of mouth (EWOM) masing-masing berpengaruh posistif dan signifikan terhadap minat menabug di Bank Umum Syariah pada masyarakat Kabupaten Blora, sedangkan variabel literasi keuangan syariah berpengaruh negatif tetapi signifikan terhadap minat menabung di Bank Umum Syarah pada masyarakat Kabupaten Blora.
Kata Kunci : Minat Menabung, Religiusitas, Literasi Keuangan Syariah, Brand Image, dan Electronic Word of Mouth (EWOM).
No other version available