SKRIPSI DIGITAL
Analisis Pengaruh Pengetahuan Produk, Religiusitas, Lingkungan Sosial, dan Reputasi Terhadap Minat Menabung di Bank Umum Syariah (Studi Pada UMKM Kota Semarang) = Analysis of the Influence of Product Knowledge, Religiosity, Social Environment, and Reputation on Interest in Saving in Islamic Commercial Banks (Study on MSMEs in the City of Semarang)
Adhalia Ferinistyawati, NIM. 4.42.20.0.02, "Analisis Pengaruh Pengetahuan Produk, Religiusitas, Lingkungan Sosial, dan Reputasi Terhadap Minat Menabung di Bank Umum Syariah (Studi Pada UMKM Kota Semarang)", Skripsi Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang, di bawah bimbingan Mustika Widowati, S.E., M.Si. dan Atif Windawati, S.ST., MBA., 24 Juli 2024, 92 Halaman.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis signifikansi pengaruh pengetahuan produk, religiusitas, lingkungan sosial, dan reputasi terhadap minat menabung di Bank Umum Syariah pada UMKM Kota Semarang, baik secara simultan maupun parsial.
Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yang berupa purposive sampling( Judgement Sampling) sebanyak 100 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Model analisis data menggunakan Model Analisis Regresi Linier Berganda. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Uji statistik F, Koefisien Determinasi (R²), dan Uji Statistik t yang diolah dengan program SPSS 25.00.
Hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa variabel pengetahuan produk, religiusitas, lingkungan sosial, dan reputasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung di Bank Umum Syariah pada UMKM Kota Semarang. Secara parsial variabel pengetahuan produk, lingkungan sosial, dan reputasi masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di Bank Umum Syariah pada UMKM Kota Semarang, sedangkan variabel religiusitas berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap minat menabung di Bank Umum Syariah pada UMKM Kota Semarang.
Kata kunci : Minat Menabung, Pengetahuan Produk, Religiusitas, Lingkungan Sosial, dan Reputasi.
No other version available