SKRIPSI DIGITAL
Perumusan Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Matriks IFE, EFE, IE, SWOT, dan QSPM pada Semasa Kopi (Coffee and Eatery) = Formulation of Business Development Strategies Using IFE, EFE, IE, SWOT, and QSPM Matrices at Semasa Coffee (Coffee and Eatery)
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan merumuskan alternatif strategi yang dapat diterapkan pada Semasa Kopi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis data menggunakan Matriks IFE, EFE, IE, SWOT, dan QSPM yang menunjukkan hasil skor tertimbang IFE sebesar 2,924, skor tertimbang EFE sebesar 3,103 yang berarti perusahaan berada pada posisi internal dan eksternal yang cukup kuat dalam mengendalikan kekuatan dan kelemahan untuk menghadapi kesempatan dan ancaman. Hasil analisis Matriks IE menunjukkan posisi perusahaan berada pada sel II yaitu “Tumbuh dan Dibangun”, sehingga strategi yang sesuai adalah strategi intensif dan strategi integrasi. Berdasarkan analisis SWOT dikembangkan 10 strategi alternatif untuk perusahaan. Kemudian menggunakan QSPM diperoleh prioritas alternatif strategi untuk Semasa Kopi yaitu terus menjaga kualitas dan konsistensi rasa produk, serta berinovasi melalui kerja sama dengan supplier dengan nilai TAS sebesar 6,381.
No other version available