SKRIPSI DIGITAL
Pengaruh Praktik Berbagi Pengetahuan, Kesiapan Untuk Berubah, dan Penginderaan Pasar Terhadap Kinerja Organisasi (Studi Pada UMKM Berbasis Digital Di Jawa Tengah) = The Influence of Knowledge Sharing Practices, Readiness to Change, and Market Sensing on Organizational Performance (A Study on Digital-Based MSMEs in Central Java)
Peningkatan kebutuhan pelanggan menyebabkan kenaikan pula pada jumlah
UMKM yang berkembang di Jawa Tengah saat ini. Akan tetapi kenaikan jumlah
UMKM tidak sebanding dengan kenaikan jumlah omsetnya. Tujuan penelitan ini
adalah untuk mengetahui pengaruh variabel Praktik Berbagi Pengetahuan,
Kesiapan Untuk Berubah dan Penginderaan Pasar terhadap Kinerja Organisasi
pada UMKM Berbasis Digital di Jawa Tengah baik secara simultan maupun
parsial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan melakukan
pendekatan pengumpulan data melalui observasi, kuesioner dan studi pustaka, dengan jumlah sampel 100 responden yang berasal dari pengusaha UMKM yang menerpakan platform digital di Jawa Tengah. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil uji F diperoleh nilai signifikansi Sig=0,000 yang menunjukan bahwa variabel independen mampu berpengaruh signifikan terhadap variabel Kinerja Organisasi. Hasil koefisien determinasi (R2) pada penelitian ini 0,693 yang berarti Praktik Berbagi Pengetehuan, Kesiapan Untuk Berubah dan Penginderaan Pasar memberikankontribusi pengaruh terhadap Kinerja Organisasi sebesar 69,3 %,sedangkan sisanya 30,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model. Hasil uji tdiperoleh hasil signifikansi variabel Praktik Berbagi Pengetahuan (PBP) Sig=0,013, Kesiapan Untuk Berubah (KB) Sig=0,045, Penginderaan Pasar (PP)Sig=0,000. Berdasarkan hasil tersebut menunjukan bahwa secara parsial variabel Praktik Berbagi Pengetahuan, Kesiapan Untuk Berubah dan Penginderaan Pasar masing-masing berpengaruh signifikan terhadap variabel Kinerja Organisasi. Berdasarkan hasil penelitian dari empat variabel yang diteliti, variabel Penginderaan Pasar (PP) merupakan variabel yang dominan dalam mempengaruhi variabel Kinerja Organisasi.
No other version available