SKRIPSI DIGITAL
Pengaruh Kenyamanan Fungsional, Dukungan Selebriti, dan Harga Diri Terhadap Pembelian Impulsif (Studi Pada Konsumen Produk Somethinc di Kota Semarang) = The Influence of Functional Convenience, Celebrity Endorser, and Self-Esteem on Impulsive Buying (studies on consumers of Somethinc products in Semarang)
Penelitian ini dilaksanakan guna mengetahui pengaruh Kenyamanan Fungsional, Dukungan Selebriti, dan Harga Diri terhadap Pembelian Impulsif studi pada konsumen produk Somethinc di Kota Semarang. Variabel independen yang digunakan adalah Kenyamanan Fungsional (X1), Dukungan Selebriti (X2), dan Harga Diri (X3), sedangakan Pembelian Impulsif (Y) sebagai variabel dependen. Penelitian ini melibatkan 162 responden sebagai sampel konsumen produk Somethinc di Kota Semarang. Metode nonprobability sampling yang berfokus pada purposive sampling diterapkan guna memilih sampel yang berkriteria telah memakai produk Somethinc untuk diri sendiri. Kuesioner, studi Pustaka, dan wawancara dipergunakan guna pengumpulan data. Mayoritas responden ialah perempuan berusia 21 hingga 25 tahun yang merupakan pelajar/mahasiswa dengan penghasilan < Rp 2.000.000. Data analisis menggunakan program pengujian statistik SPSS 27.0. Analisis regresi linear berganda menghsilkan persamaan Y = 20,396α + 0,555X1 + 0,084X2 + 0,132X3 + e. Temuan penelitian ini mengemukakan kenyamanan dan fasilitas yang diberikan perusahaan dan perasaan puas yang didapatkan pelanggan berpengaruh terhadap meningkatnya pembelian impulsif konsumen, namun dukungan selebriti yang kurang tepat menjadikan tidak ada pengaruh terhadap pembelian impulsif Hasil koefisien determinasi menghasilkan pengaruh Kenyamanan Fungsional, Dukungan Selebriti, dan Harga Diri sebesar 47,1% pada Pembelian Impulsif, sementara 52,9% lainnya merupakan variabel yang tidak diteliti pada model penelitian ini.
Kata Kunci: Kenyamanan; Dukungan; Harga Diri; Konsumen
No other version available