TA DIGITAL
Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Ulang (Studi Kasus pada Nasmoco Siliwangi Semarang) = The Effect of Product Quality, Service Quality, and Promotion on Repurchase Decisions (Case Study at Nasmoco Siliwangi Semarang)
Industri otomotif Indonesia terus berkembang, sehingga persaingan antar produsen mobil semakin ketat. Beragam merek dan model di pasar membuat konsumen menghadapi lebih banyak pilihan, sehingga proses keputusan pembelian ulang menjadi lebih kompleks. PT Nasmoco adalah perusahaan yang bergerak dalam industri otomotif, terutama dalam penjualan dan layanan purna jual kendaraan Toyota di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, dan promosi terhadap keputusan pembelian ulang di Nasmoco Siliwangi Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Nasmoco Siliwangi Semarang yang pernah melakukan pembelian atau menggunakan layanan. Data dikumpulkan melalui observasi dan kuesioner yang menggunakan skala Likert. Penelitian ini menerapkan metode purposive sampling dengan melibatkan 100 responden. Data menggunakan kuesioner yang telah uji validitas dan reliabilitasnya dengan menggunakan aplikasi statistik IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk, kualitas layanan, dan promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang, baik secara parsial maupun simultan. Koefisien determinasi menunjukkan nilai R square sebesar 0,628, yang berarti kualitas produk, kualitas layanan, dan promosi mempengaruhi keputusan pembelian ulang sebesar 68,2%, sementara sisanya sebesar 37,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
No other version available