SKRIPSI DIGITAL
Peran Innovative Millennial Entrepreneurship dan Business Continuity dalam Menguatkan Pengaruh Relational Capital terhadap Organizational Performance pada Bisnis Media Kreatif = The Role of Innovative Millennial Entrepreneurship and Business Continuity in Strengthening the Effect of Relational Capital on Organizational Performance in Creative Media Businesses
Studi ini berangkat dari permasalahan berupa tingkat inovasi negara Indonesia yang berada pada posisi 61 dari 132 dengan skor sebesar 30,3/100 pada tahun 2023. Permasalahan tersebut menjadi dasar tujuan studi untuk mencari jalur terbaik dengan menguji secara empiris tiga jalur alternatif dari hubungan Relational Capital (RC) terhadap Organizational Performance (OP) yaitu melalui Innovative Milennial Entrepreneurship (IME), Business Continuity (BC), dan elaborasi antara IME dan BC. Populasi dalam studi ini yaitu bisnis media kreatif dengan jumlah kecukupan sampel sebanyak 138 (23x6). Studi ini menyebarkan 200 kuesioner dengan persentase kuesioner yang kembali yaitu 87% dengan sampel yang diolah sebanyak 154 unit usaha bisnis media kreatif. Studi ini menggunakan pendekatan deduktif yang penyebaran kuesioner menggunakan teknik purposive sampling dengan metode non-self asessment dan self asessment. Data yang diperoleh diolah menggunakan metode analisis Structural Equation Modelling (SEM) dan alat analisis AMOS 22. Studi ini membuktikan bahwa RC tidak berpengaruh signifikan terhadap OP, namun jalur strategis dari hasil studi ini ditunjukan melalui pengaruh RC terhadap IME sebesar β0,213 dan IME terhadap OP sebesar β0,191, sehingga jalur terbaik untuk meningkatkan pengaruh RC terhadap OP yaitu melalui IME. Elaborasi antara IME dan BC juga memberikan bukti empiris bahwa jalur terbaik setelah IME adalah melalui kombinasi keduanya sehingga dua hal ini menjadi kontribusi dalam domain Organization Ambidexterity Theory. Studi ini memberikan implikasi praktis bagi Dinas Koperasi Usaha Kecil & Menengah Provinsi Jawa Tengah terkait penerapan Innovative Millennial Entrepreneurship dalam rangka mendorong kinerja organisasi pada bisnis media kreatif.
No other version available