SKRIPSI DIGITAL
Pengaruh Product Innovation, Social Media Marketing, dan Entrepreneurship Orientatation terhadap Competitive Advantage Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kuliner Berbasis Digital Kota Semarang = Impact Of Product Innovation, Social Media Marketing, and Entrepreneurial Orientation on Competitive Advantage in Digital-Based Culinary Smes in Semarang City
Menghadapi peralihan ke era digitalisasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dituntut untuk mampu memenuhi permintaan pasar yang terus berkembang. Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh inovasi produk, pemasaran media sosial, orientasi kewirausahaan, dan keunggulan bersaing pada UMKM sektor kuliner berbasis digital di Kota Semarang. Populasi penelitian ini adalah UMKM sektor kuliner berbasis digital di Kota Semarang. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuisioner yang sudah teruji validitasnya dan reliabilitasnya. Non-probability sampling digunakan untuk mendapatkan sampel sejumlah 100. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, uji linearitas, analisis regresi linier berganda, uji T, uji F, dan koefisien determinasi menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel inovasi produk (X1), orientasi kewirausahaan (X2), dan pemasaran media sosial (X3) berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing (Y) pada UMKM sektor kuliner berbasis digital di Kota Semarang, dengan kontribusi sebesar 70,6%. Sebesar 29,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang bermanfaat dalam merumuskan strategi pemasaran yang efektif untuk menghadapi persaingan di sektor kuliner UMKM di Indonesia melalui inovasi produk, pemasaran media sosial, dan orientasi kewirausahaan guna meningkatkan keunggulan bersaing.
Kata Kunci: Innovation, Social Media, Entrepreneurship, Competitive advantage, UMKM.
No other version available