SKRIPSI DIGITAL
Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM), Price Perception, dan Product Quality terhadap Purchase Decision pada Produk Smartphone Vivo di Semarang = The Influence of Electronic Word Of Mouth (E-WOM), Price Perception, and Product Quality on Purchasing Decision of Vivo Smartphone Products in Semarang
Persaingan pangsa pasar smartphone di Indonesia semakin ketat. Permasalahan yang terjadi pada PT Vivo Mobile Indonesia adalah pertumbuhan pangsa pasar smartphone Vivo di Indonesia yang mengalami fluktuasi dari satu kuartal ke kuartal lain. Instabilitas pertumbuhan pangsa pasar yang terjadi mengakibatkan Vivo tidak dapat konsisten unggul dalam pasar smartphone di Indoneisa. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh Electronic Word of Mouth (EWOM), Price Perception, dan Product Quality terhadap Purchase Decision produk smartphone Vivo di Semarang. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah purposive sampling dengan sampel 105 pembeli sekaligus pengguna smartphone Vivo di Semarang. Teknik analisis yang dipakai adalah uji normalitas, uji multikolinearitas, uji linearitas, uji heteroskedastitas, analisis regresi linear berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil penelitian ini variabel Electronic Word of Mouth (E-WOM), Price Perception, dan Product Quality berpengaruh positif signifikan terhadap Purchase Decision. Hasil koefisien determinasi menunjukkan Electronic Word of Mouth (E-WOM), Price Perception, dan Product Quality berkontribusi secara bersama-sama terhadap Purchase Decision sebesar 73,9%, presentase sisanya 26,1 menunjukkan besarnya variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Kontribusi penelitian menggunakan perspektif teori perilaku konsumen model black box, manajemen pemasaran, dan marketing mix dengan implikasi manajerial membuat komunitas pengguna Vivo, menawarkan paket bundling kekinian, dan memberikan edukasi penggunaan smartphone agar terhindar dari kerusakan.
No other version available