SKRIPSI DIGITAL
Pengaruh Social Media Adoption, Entrepreneurial Orientation dan Access to Finance terhadap Business Performance pada UMKM Kuliner Jajanan Kekinian = The Influence of Social Media Adoption Entrepreneurial Orientation, and Acces to Finance on Business Performance in Contemporary Snack Culinary SMEs
Penelitian ini berfokus pada fenomena penurunan pendapatan industri makanan dan minuman pada kuartal 4 tahun 2022 hingga kuartal 1 2023 sebesar 6,4%. Dengan adanya fenomena tersebut, maka tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Social Media Adoption (SMA), Entrepreneurial Orientation (EO) dan Access to Finance (AF) terhadap Business Performance (BP), dimana objek pada penelitian ini merupakan pelaku UMKM Kuliner Jajanan Kekinian sebanyak 175 responden menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan software IBM SPSS 25. Penelitian ini memperoleh hasil uji simultan dimana nilai Sig. < 0,05 yang berarti variabel independen yaitu Social Media Adoption, Entreprenurial Orientation dan Access to Finance memberikan berdampak signifikan terhadapvariabel dependen dalam studi ini yaitu Business Performance, dengan total pengaruh SMA sebesar 0.309, EO 0.327, dan AF 0.126. Dari hasil tersebut terbukti secara empiris dimana SMA, EO dan AF mampu berpengaruh signifikan terhadap BP. Studi ini memberikan kontribusi pembangunan Dynamic Capability Theory melalui variabel yang ditawarkan.
Kata Kunci: Adopsi Sosial Media, Orientasi Kewirausahaan, Akses Finansial,
Kinerja Bisnis
No other version available