TA DIGITAL
Efektivitas Strategi Pemasaran B2B Jasa Bongkar Muat Pada PT Pelabuhan Indonesia Cabang Tanjung Emas Semarang = Effectiveness of B2B Marketing Strategy for Loading and Unloading Services at PT Pelabuhan Indonesia Tanjung Emas Semarang Branch
Penelitian ini dilatar belakangi adanya penurunan realisasi bongkar muat pada
tahun 2020 sampai 2021 di PT Pelabuhan Indonesia Cabang Tanjung Emas
Semarang karena sebelumnya Perusahaan menggunakan strategi pemasaran CRM
(Customers Relation Management). Namun secara signifikan meningkat pada
tahun 2022-2023. Perusahaan menerapkan strategi pemasaran STP (Segmentation,
Targeting, Positioning). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat
efektivitas penerapan strategi pemasaran B2B jasa bongkar muat pada PT
Pelabuhan Indonesia Cabang Tanjung Emas Semarang. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan menggunakan teknik observasi
dan wawancara dengan staf komersial PT Pelabuhan Indonesia Cabang Tanjung
Emas Semarang. Realisasi pada tahun 2020 hingga 2021 terjadi penurunan
realisasi bongkar muat, maka dari itu PT Pelabuhan Indonesia Cabang Tanjung
Emas Semarang agar bisa menyatukan strategi CRM ( Customers Relation
Management) dengan STP (Segmentation, Targeting, Positioning).
No other version available