TA DIGITAL
Pengaruh Persepsi Dukungan Organisasi dan Efikasi Diri terhadap Keterikatan Karyawan Billman PT PLN (Persero) ULP Kebumen = The Influence of Perceived Organizational Support and Self-Efficacy on Billman Employee Engagement at PT PLN (Persero) ULP Kebumen
PT PLN (Persero) ULP Kebumen memiliki tenaga kerja lapangan, salah satunya karyawan Billing Management atau Billman. Pekerjaan karyawan Billman
yang berhubungan langsung dengan pelanggan ialah pengendalian piutang
pelanggan. Data pengendalian piutang pelanggan periode Januari 2023-April 2024
mengalami fluktuasi dikarenakan penyelesaian pekerjaan belum dilakukan secara maksimal sehingga mengindikasikan karyawan belum sepenuhnya terikat pada
perusahaan. Untuk itu, PT PLN (Persero) ULP Kebumen perlu meningkatkan
keterikatan karyawan yaitu dengan melibatkan persepsi dukungan organisasi dan
efikasi diri. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah menganalisis pengaruh
persepsi dukungan organisasi dan efikasi diri terhadap keterikatan karyawan
Billman PT PLN (Persero) ULP Kebumen. Pendekatan yang digunakan ialah studi
kuantitatif dengan teknik sampling jenuh. Kuesioner disebarkan kepada 106
karyawan kemudian diolah menggunakan IBM SPSS 25 dengan memilih regresi linear berganda sebagai model penelitian. Studi ini membuktikan adanya pengaruh
signifikan persepsi dukungan organisasi terhadap keterikatan karyawan dengan
thitung 5,108 > ttabel 1,98326 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Efikasi diri turut
memberikan pengaruh signifikan terhadap keterikatan karyawan dengan
thitung 11,067 > ttabel 1,98326 dan signifikansi 0,000 < 0,05.
Kata Kunci: Persepsi Dukungan Organisasi, Efikasi Diri, Keterikatan Karyawan.
No other version available