TA DIGITAL
Pengaruh Kualitas Layanan dan Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Panin Dai-ichi Life Semarang = The Influence of Service Quality and Product on Customer Satisfaction Panin Dai-ichi Life Semarang
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu adanya pengaduan nasabah tentang kualitas layanan yang diberikan perusahaan tidak sesuai harapan dan persaingan bisnis yang sangat ketat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan produk terhadap kepuasan nasabah Panin Dai-ichi Life Semarang. Metode pengumpulan data menggunakan metode survey kepada 100 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik sampling purposive. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji T, uji F. Alat bantu yang digunakan adalah Microsoft Excel dan SPSS 27. Hasil dari analisis regresi linear berganda yaitu Y= 0,222+0,380 X1+0,291 X2. Ini berarti bahwa variabel kualitas layanan dan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien tingkat signifikan 0,000 yang lebih kecil dari 5%, dan t hitung yang lebih besar dari t tabel. t hitung untuk kualitas layanan 5,533 dan t hitung untuk kualitas produk 4,572, yang lebih besar dari t tabel 1,66055. Koefisien determinasi memiliki nilai sebesar 0,627. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan dan kualitas produk memberikan pengaruh terhadap kepuasan nasabah sebesar 62,7%, sedangkan sisanya 37,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Untuk meningkatkan kepuasan nasabah Panin Dai-ichi Life Semarang disarankan untuk meningkatkan kualitas layanan dan kualitas produk.
No other version available