TA DIGITAL
Pengaruh Komunikasi dari Mulut ke Mulut Secara Elektronik dan Siaran Langsung Terhadap Pembelian Impulsif Pada Mahasiswa Pengguna Tiktok Shop di Tembalang Semarang (Studi Kasus Produk Kategori Fashion) = The Influence of Electronic Word of Mouth and Live Streaming on Impulsive Buying in Student Users of Tiktok Shop in Tembalang Semarang (Study Case of Fashion Category Products)
Tiktok merupakan salah satu platform yang popular yang tidak hanya digunakan
untuk hiburan tetapi juga sebagai wadah bisnis yang dikenal dengan Tiktok Shop.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh electronic word of mouth dan
live streaming terhadap impulsive buying pada mahasiswa di Tembalang Semarang.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuesioner.
Kuesioner pada penelitian ini menggunakan skala likert. Metode pengambilan
sampel menggunakan sampel incidental dengan 100 responden. Alat analisis yang
digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi
berganda, uji F, uji T dan koefisien determinasi. Perhitungan menggunakan alat
bantu statistic IBM SPSS versi 25. Hasil analisis regresi linier berganda
menunjukkan persamaan regresi Y = 4,267 – 0,809 X1 + 0,332 X2. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa electronic word of mouth dan live streaming secara
simultan berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying, secara parsial
electronic word of mouth berpengaruh negatif dan signifikan terhadap impulsive
buying sedangkan live streaming berpengaruh positif dan signifikan terhadap
impulsive buying. Hasil koefisien determinasi menunjukkan besarnya adjusted R2
sebesar 0,264, sehingga dapat diartikan bahwa electronic word of mouth dan live
streaming memberikan pengaruh sebesar 26,4% terhadap impulsive buying dan
sisanya 73,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian
ini.
Kata kunci: Komunikasi dari Mulut ke Mulut Secara Elektronik, Siaran Langsung,
Pembelian Impulsif
No other version available