TA DIGITAL
Pengaruh Kemudahan Penggunaan Transaksi E-Wallet Terhadap Keputusan Pembelian Produk = The Ease of The Use of The E-Wallet Transaction on Product Purchase Decisions
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemudahan penggunaan transaksi e-wallet oleh mahasiswa di Politeknik Negeri Semarang terhadap keputusan pembelian produk. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, penyebaran kuesioner, dan studi pustaka. Metode analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji lineritas, uji signifikansi parsial (uji t), uji koefisien determinasi, dan analisis regresi linear sederhana. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa Y = 9,788 + 0,641 X, nilai tersebut menunjukkan bahwa variabel kemudahan penggunaan transaksi e-wallet memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian produk. Hasil uji normalitas dan uji linearitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal serta model regresi yang digunakan sudah benar dan tepat. Hasil uji signifikansi parsial (uji t) menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan e-wallet memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk pada mahasiswa di Politeknik Negeri Semarang. Hasil uji koefisien determinasi mengungkapkan bahwa kemudahan penggunaan transaksi e-wallet mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 47,3%, sedangkan sisanya 52,7% disebabkan oleh variabel lain yang tidak termasuk di dalam penelitian ini.
Kata kunci: kemudahan penggunaan, e-wallet, keputusan pembelian, perilaku konsumen, transaksi digital
No other version available