TA DIGITAL
Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Shopee Menggunakan Metode Heart Metrics (Studi Kasus Pengguna Aplikasi Shopee di Kota Semarang) = Analysis of Shopee Application User Experience Using the Heart Metrics Method (Case Study of Shopee Application Users in Semarang City)
Seiring berkembangnya teknologi, masyarakat dibuat melek terhadap teknologi akan kebutuhan yang semakin meningkat. Keluhan umum yang dirasakan pengguna aplikasi Shopee meliputi kinerja aplikasi yang lambat setelah pembaruan, waktu respond fitur yang lambat, dan kesalahan pengguna fitur. Selain itu, jumlah pengunduh aplikasi pada bulan Desember hingga Mei 2024bmengalami penurunan yang signifikan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengalaman pengguna aplikasi Shopee dengan menggunakan teknik heart metrics berupa lima variabel yaitu happiness, engagement, adoption, retention dan task success sehingga dapat memberikan masukan untuk meningkatkan kinerja yang dimaksud oleh Shopee. Penelitian ini mensurvei 100 responden pengguna aplikasi Shopee di Kota Semarang dengan menggunakan sampel acak sederhana. Penelitian ini menggunakan heart metrics sebagai alat ukur untuk mengetahui pengalaman pengguna aplikasi dengan menghitung persentase kumulatif item dan garis kontinum. Penelitian ini menggabungkan penggunaan studi literatur dan kuesioner skala likert sebagai metode pengumpulan data utamanya. Berdasarkan hasil jawaban responden, didapatkan persentase masing-masing variabel yaitu happiness 80,6%, engagement 79,35%, adoption 77,67%, retention 68,85%, dan task success 75,47%.
No other version available