TA DIGITAL
Project Kewirausahaan Usaha Kuliner "Ricebowl Lembut" = Culinary Business Entrepreneurshp Project "Ricebowl Lembut"
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan usaha kuliner, yaitu Ricebowl Lembut, yang memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan akan makanan praktis dengan berbagai varian yang lengkap. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengelola sebuah usaha yang efektif, efisien, dan menghasilkan keuntungan. Usaha ini didirikan pada tahun 2023 oleh tiga mahasiswa Politeknik Negeri Semarang dengan mengusung konsep usaha kuliner yang menggabungkan cita rasa khas nusantara dengan cita rasa masa kini. Ricebowl Lembut berinovasi pada kondimen yang lengkap dibandingkan Ricebowl kompetitor serta kemasan yang praktis sehingga memenuhi kebutuhan pelanggan. Usaha ini juga dinilai layak melalui studi kelayakan usaha dari berbagai aspek, yakni aspek pemasaran, aspek operasional, aspek keuangan, dan aspek sumber daya manusia. Segmentasi dan target pasar usaha Ricebowl Lembut ditetapkan berdasarkan geografis, demografis, dan psikografis yakni masyarakat Kota dan Kabupaten Semarang rentang usia 17-35 tahun dengan perilaku makan yang dipengaruhi oleh budaya dan kebiasaan. Nilai Net Present Value dan Payback Period usaha Ricebowl Lembut adalah Rp 3.630.775 dan 9,3 bulan. Usaha ini dikelola dengan baik oleh peneliti hingga menghasilkan kas akhir sebesar Rp 7.705.327. Ricebowl Lembut juga sudah melakukan kegiatan promosi secara langsung dan melalui media sosial.
No other version available