TA DIGITAL
Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Marketplace Tokopedia Kota Semarang (Studi Kasus Pada Program Flash Sale) = The Influence of Advertising and Sales Promotion Tokopedia Consumer's Purchase Decision in Semarang (Case Study on the Flash Sale Program)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh periklanan dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian pada konsumen marketplace Tokopedia di Kota Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah non-probability sampling dengan sampel berjumlah 100 orang konsumen marketplace Tokopedia di Kota Semarang. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, uji linearitas, analisis regresi linear berganda, uji T, uji F, dan koefisien determinasi menggunakan SPSS 25. Hasil menunjukkan bahwa variabel periklanan (X1) dan promosi penjualan (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) konsumen marketplace Tokopedia di Kota Semarang. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi solusi penentuan strategi pemasaran yang tepat dalam menghadapi persaingan dalam industri marketplace di Indonesia dengan pengaplikasian periklanan dan promosi penjualan untuk meningkatkan keputusan pembelian pada marketplace Tokopedia.
Kata Kunci: Periklanan, Promosi Penjualan, Keputusan Pembelian
No other version available