TA DIGITAL
Pengaruh Kredibilitas Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc Studi Kasus: Mahasiswa Politeknik Negeri Semarang = The Impact of Influencer Credibility on Purchase Decision Study Case: Semarang State Polytechnic Students
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kredibilitas influencer terhadap
keputusan pembelian produk Somethinc pada Mahasiswa Politeknik Negeri
Semarang. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai data primer dan studi
literatur sebagai data sekunder. Sampel yang digunakan adalah Mahasiswa
Politeknik Negeri Semarang dengan kriteria pernah melakukan pembelian produk
Somethinc minimal 1x. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability
sampling yakni purposive sampling dengan jumlah 100 responden. Hasil data
penelitian dianalisis menggunakan uji validitas, uji reabilitas, analisis deskriptif
responden, analisis regresi linear sederhana, uji t, dan koefisien determinasi (R2
).
Hasil analisis deskriptif responden menggunakan three box method menghasilkan
nilai kredibilitas influencer dan keputusan pembelian berada pada indeks yang
tinggi. Penelitian ini menghasilkan persamaan regresi Y = 13,043 + 0,866X yang
berarti bahwa kredibilitas influencer berpengaruh positif terhadap keputusan
pembelian. Uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan secara
parsial antara kredibilitas influencer dengan keputusan pembelian. Koefisien
determinasi menunjukkan hasil sebesar 0,484 dimana kredibilitas influencer
mempengaruhi keputusan pembelian sebanyak 48,4% dan sisanya 51,6%
dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Kata Kunci: Kredibilitas, Influencer, dan Keputusan Pembelian
No other version available