TA DIGITAL
Pengembangan Project Kewirausahaan Dimsun Katsuobushi = Development of Dimsun Katsuobushi Entrepreneurship Project
Judul: Pengembangan Project Kewirausahaan Dimsun Katsuobushi di Jalan Waru
Timur 1 No.22 A, Pedalangan, Banyumanik, Semarang.
Lokasi usaha DIMSUN terletak di Jalan Waru Timur I No.22A, Pedalangan,
Banyumanik, Semarang. Pasar sasaran usaha ini adalah kalangan anak-anak, remaja
hingga dewasa usia 27-40 tahun baik pria maupun wanita di wilayah Semarang
khususnya Banyumanik, dan Tembalang. Segmen pasar tersebut memiliki gaya
hidup serba praktis dan konsumtif. Permasalahan kurangnya variasi dimsum dapat
menyebabkan kebosanan bagi konsumen dan menghambat pertumbuhan industri
jajanan dimsum. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengelola sebuah usaha kuliner
yang berinovasi pada olahan masakan dimsum. Metode riset pasar dilakukan
dengan cara mendatangi langsung outlet dimsum yang sudah ada di Semarang.
Hasil riset tidak ditemukan outlet dimsum yang menggunakan katsuobushi sebagai
campuran topping pada dimsum, sehingga hal tersebut menjadikan peluang pasar
katsuobushi sebagai varian baru. Metode pendekatan yang digunakan dari segi
pemasaran yaitu Word of mouth dengan referensi konsumen sebagai poin utama
untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Varian dimsum katsuobushi memiliki
rasa gurih dan tekstur yang lembut, digabungkan dengan aroma khas dari
katsuobushi. Kesimpulan penelitian ini adalah dalam menjalankan usaha telah
menerapkan aspek manajemen pemasaran, aspek manajemen produksi, aspek
manajemen keuangan, dan aspek manajemen sumber daya manusia. Saran dalam
menjalankan usaha ini adalah promosi yang gencar untuk meningkatkan
pengetahuan konsumen tentang katsuobushi sebagai topping dimsum.
Kata Kunci : dimsum, dimsun, inovasi, katsuobushi, kewirausahaan
No other version available