SKRIPSI DIGITAL
Pengaruh Diferensiasi Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Gojek di Kota Semarang = The Influence of Product Differentiation and Service Quality on Gojek Consumer Purchasing Decisions in Semarang
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan dari diferensiasi produk (X1) dan kualitas pelayanan (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) konsumen Gojek di Kota Semarang. Dalam lima tahun terakhir (2019-2023), terjadi fluktuasi pada jumlah pengguna bertransaksi dan jumlah pesanan, dengan kecenderungan menurun dalam setahun terakhir. Fluktuasi ini menunjukkan adanya perubahan preferensi dan perilaku konsumen yang perlu dianalisis lebih lanjut terkait faktor yang mempengaruhinya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis data melalui regresi linier berganda. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Alat uji statistik pada penelitian ini menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menggunakan uji t dan uji F menunjukkan bahwa kedua variabel, yaitu diferensiasi produk dan kualitas pelayanan, memiliki pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial, maupun simultan terhadap keputusan pembelian. Dalam koefisien determinasi didapatkan nilai sebesar 41,5% yang dapat dijelaskan oleh diferensiasi produk dan kualitas pelayanan, sedangkan sisanya sebesar 58,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.
No other version available