SKRIPSI DIGITAL
Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Perusahaan Jasa Forwarder Pada PT Putra Srikaton Logistics Semarang = The Influence of Customer Satisfaction and Service Quality on Customer Loyalty in Forwarder Services Companies at PT Putra Srikaton Logistics
Dalam berbagai bisnis, loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti
kualitas layanan dan kepuasan pelanggan. Hal ini juga berlaku dalam industri jasa forwarder yang sangat kompetitif dan berfokus pada pelanggan. Penelitian ini mengkaji bagaimana loyalitas pelanggan pada perusahaan jasa forwarder
dipengaruhi oleh kepuasan pelanggan dan kualitas layanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan perusahaan jasa forwarder di PT Putra Srikaton Logistics. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan perusahaan jasa forwarder pada PT Putra Srikaton Logistics. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling technique kepada 30 responden yang merupakan pelanggan pengguna jasa pada PT Putra Srikaton Logistics. Variabel bebas dari penelitian ini adalah Kepuasan Pelanggan dan Kualitas Layanan, sedangkan variabel terikat dari penelitian ini adalah Loyalitas Pelanggan. Pengumpulan data primer dengan cara wawancara, studi literatur, kuesioner untuk data sekunder. Metode analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menggunakan SPSS 25, diperoleh persamaan regresi yaitu Y = 1.904 + 0,369X1 + 0,426X2 + e. Hasil uji t menunjukan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel dan menghasilkan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Hasil uji F menunjukan nilai F hitung 14,788 sedangkan F tabel sebesar 4,20. Jadi dapat disimpulkan bahwa Kepuasan Pelanggan (X1) dan Kualitas Layanan (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y). Pengaruh variabel independen yang mempengaruhi Loyalitas Pelanggan secara dominan yaitu variabel Kualitas Layanan dengan koefisien persamaan regresi sebesar 0,426. Bersumber dari penelitian, rekomendasi yang dapat diberikan untuk perusahaan yaitu dengan meningkatkan variabel Kepuasan Pelanggan dan Kualitas
Layanan akan berpengaruh secara positif untuk meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Lalu, bagi peneliti selanjutnya agar dapat mencari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini yang memiliki kontribusi lebih besar terhadap Loyalitas Pelanggan seperti contoh variabel Harga, Promosi dan lain-lain.
No other version available