SKRIPSI DIGITAL
Pengaruh Inovasi Produk dan Pemasaran Digital Terhadap Kinerja Pemasaran CV Realsa Natural = The Influence of Product Innovation and Digital Marketing on the Marketing Performance of CV Realsa Natural
ABSTRAK
PENGARUH INOVASI PRODUK DAN PEMASARAN DIGITAL TERHADAP KINERJA PEMASARAN CV REALSA NATURAL
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi produk dan pemasaran digital terhadap kinerja pemasaran dan variabel apa yang paling berpengaruh terhadap kinerja pemasaran CV Realsa Natural. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang di peroleh dari data penjulan produk inovasi, jangkauan akun Instagram, dan omset penjualan dari tahun 2021 hingga 2023. Metode analisis yang digunakan adalah Autoregressive Distributed Lag untuk menguji hubungan antara variabel-variabel tersebut dengan bantuan aplikasi Eviews.
Hasil penelitian menunjukan bahwa inovasi produk berpengaruh negatif terhadap kinerja pemasaran. Sedangkan pemasaran digital meningkat maka kinerja pemasaran bertambah. Selain itu, pemasaran digital meningkatkan kinerja pemasaran jangka pendek, sementara inovasi produk, penting untuk keberlanjutan jangka panjang. CV Realsa Natural harus mengoptimalkan strategi pemasaran digital dan inovasi produk untuk tetap kompetitif. Pada praktik usaha nya, jangkauan pemasaran digital menjangkau lebih banyak konsumen nasional dibandingkan dengan konsumen internasional. Sementara untuk inovasi produk, produk gula kelapa rempah yang paling di gemari adalah gula kelapa rasa jahe
Kata kunci : Inovasi Produk, Pemasaran Digital, Kinerja Pemasaran, Industri Gula Kelapa
No other version available