SKRIPSI DIGITAL
Pengaruh Literasi Keuangan dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Investasi pada PT Valbury Asia Futures Semarang = The Influence of Financial Literacy and Brand Image on Decisions to Purchase Investment Products at PT Valbury Asia Futures Semarang
ABSTRAK
PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK INVESTASI PADA PT VALBURY ASIA FUTURES SEMARANG
PT Valbury Asia Futures Semarang merupakan salah satu perusahaan pialang di Semarang yang menyediakan layanan perdagangan pasar berjangka dalam produk future. Persaingan perusahaan pialang yang semakin pesat karena perkembangan pasar uang berjangka sehingga para perusahaan mendapat tantangan untuk mampu mempertahankan pelanggan dan posisinya di dalam sebuah pasar. Pertahanan tersebut dapat dilakukan dengan strategi pemasaran yang baik dan tepat sasaran. Namun PT Valbury Asia Futures Semarang mengalami penurunan tingkat penjualan sehingga perusahaan perlu Menyusun strategi baru untuk menstabilkan Kembali atau bahkan meningkatkan tingkat penjualannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Literasi Keuangan dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada PT Valbury Asia Futures Semarang. Populasi penelitian ini adalah nasabah PT Valbury Asia Futures Semarang sejumlah 130 nasabah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, studi pustaka, dan kuesioner yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya dibagikan kepada 34 responden dengan metode pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Metode analisis data meliputi uji asumsi klasik, uji T, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Literasi Keuangan dan Citra Merek memiliki pengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian. Berdasarkan uji koefisien determinasi menghasilkan nilai pada Adjusted R Square sebesar 0,769 yang berarti kontribusi variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 76,9% sedangkan sisanya sebesar 0,231 atau 23,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Literasi Keuangan, Citra Merek, Keputusan Pembelian
No other version available