TA DIGITAL
Pengaruh Persepsi Kualitas dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Sepeda Motor Honda Di Ungaran Kabupaten Semarang = The Influence of Perceived Quality and Brand Trust on Purchasing Decisions of Honda Motorcycle Users in Ungaran Semarang Regency
Persepsi kualitas mengacu pada persepsi konsumen mengenai kualitas produk yang menjadi sasaran pembelian. Persepsi ini tercipta dari berbagai hal, yaitu pengalaman pribadi konsumen, ekspetasi, dan pengaruh eksternal (reputasi brand, harga, dan promosi) yang secara langsung dapat memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini berfokus pada fenomena penurunan penjualan Astra Motor Ungaran pada kuartal 1 bulan Maret tahun 2024 sebesar 40,5%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kualitas dan kepercayaan merek dalam pengambilan keputusan pembelian sepeda motor Honda. Metode penelitian berupa pendekatan kuantitatif yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Kuesioner disebarkan kepada 302 responden konsumen sepeda motor Honda di Ungaran. Pemilihan sampel menggunakan simple random sampling, data diolah menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda dengan pengujian yang terdiri dari uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik , serta regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kualitas dan kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan sebesar 71% terhadap keputusan pembelian. Studi ini memberikan kontribusi pada teori Service Dominant Logic (SDL) melaui variabel yang ditawarkan serta memberikan informasi manajerial untuk Astra Motor Ungaran dalam meningkatkan strategi pemasaran.
Kata Kunci: Persepsi Kualitas, Kepercayaan Merek, Keputusan Pembelian, Sepeda Motor Honda
No other version available