TA DIGITAL
Prosedur Sistem Pelayanan dan Penyediaan Informasi Oleh PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Pada Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah = Procedures For The Service System And Provision Of Information By PPID (Information Management And Documentation Officer) At The Central Java Provincial Office Of Youth, Sports And Tourism
Setiap badan publik diamanatkan membuka akses informasi yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan komitmen tata kelola pemerintahan yang baik. Badan publik menunjuk adanya Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang bertanggung jawab mengelola, menyimpan, dan mendokumentasikan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur sistem pelayanan penyediaan informasi, serta hambatan dan solusi yang dihadapi oleh PPID pada Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan analisis dokumen. Temuan - temuan tersebut mengindikasikan prosedur sistem pelayanan dan penyediaan informasi dilaksanakan sesuai peraturan perundang – undangan dengan penyediaan informasi dilaksanakan melalui permintaan informasi publik dan pelayanan lain yaitu permohonan keberatan, pengaduan, dan sengketa informasi. Kurangnya pemahaman sumber daya manusia mengenai pentingnya keterbukaan informasi publik, kurangnya sarana prasarana, dan pendokumentasiaan merupakan hambatan dalam prosedur sistem pelayanan dan penyediaan informasi. Beberapa pelayanan memerlukan peningkatan seperti meningkatkan kegunaan website, meningkatkan kualitas pelayanan, dan menyediakan pelatihan bagi para pegawai.
Kata Kunci: Prosedur, Pelayanan, Penyediaan Informasi, PPID
No other version available