TA DIGITAL
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna BRT Trans Semarang = The Effect of Service Quality on Satisfaction of BRT Trans Semarang Users
BRT Trans Semarang merupakan layanan transportasi umum yang dikelola oleh Badan Layanan Umum (BLU) Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Trans Semarang yang bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih aman, cepat, dan terjangkau kepada masyarakat Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna BRT Trans Semarang dan presepsi pengguna terhadap kualitas pelayanan BRT Trans Semarang. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa di Kota Semarang yang menggunakan BRT Trans Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, studi pustaka, dan kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden secara online menggunakan google form dengan teknik Purposive Sampling. Variabel independen pada penelitian ini yaitu kulitas pelayanan dan variabel dependen dari penelitian ini adalah kepuasan pengguna. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validits, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana, uji t, dan koefisien determinasi. Berdasarkan penghitungan menggunakan SPSS versi 25, diperoleh hasil penelitian yang menunjukan persamaan regresi Y = 6,575 + 0,113X yang berarti kualitas pelayanan memiliki pengruh positif terhadap kepuasan pengguna. Hasil koefisien determinasi sebesar 0,514 atau 51,4% artinya kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna sebesar 51,4% sedangkan sisanya 48,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
No other version available