TA DIGITAL
Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Kamar pada UTC Convention Hotel Semarang = The Influence of Brand Image and Price on Room Purchase Decisions of UTC Convention Hotel Semarang
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya penurunan jumlah hunian kamar permalam pada UTC Convention Hotel Semarang yang terjadi pada tahun 2023. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian kamar pada UTC Convention Hotel Semarang. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh tamu yang menginap pada UTC Convention Hotel Semarang pada tahun 2023. Sampel penelitian merupakan 100 responden yang menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data primer menggunakan metode kuesioner dan wawancara, serta studi literatur untuk data sekunder. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah citra merek dan harga, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi bahwa besarnya Adjusted R Square adalah 77,8%. Hal ini menunjukkan bahwa 77,8% keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel citra merek dan harga, sedangkan 22,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian menyatakan bahwa citra merek dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel harga merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dengan nilai regresi sebesar 0.446. Variabel yang berpengaruh lebih kecil terhadap keputusan pembelian yaitu variabel citra merek, dengan nilai regresi sebesar 0,385.
No other version available