TA DIGITAL
Risol Ayam Lengkap dengan Sambal dan Lalapan oleh RINGAN di Semarang = Chicken Risol Complate with Fresh Vegetable and Sauce By RINGAN in Semarang
Kewirausahaan merupakan perilaku, karakteristik, dan keterampilan individu ataupun kelompok untuk berinovasi sebuah usaha. Masyarakat memiliki minat yang tinggi terhadap makanan ringan yaitu camilan. Camilan adalah makanan yang memiliki rasa yang variatif yaitu manis, asin, pedas dan gurih. Camilan sering dikonsumsi sebelum jam makan utama yang bertujuan untuk mengganjal rasa lapar karena praktis dan mudah dibawa. Salah satu camilan yang popular adalah risol. Google trends digunakan untuk mengetahui tingkat minat masyarakat terhadap risol dibandingkan dengan makanan lain seperti sosis, solo dan samosa. Peminat tertinggi antara tiga camilan tersebut adalah risol. Usaha RINGAN memberikan inovasi baru untuk menciptakan rasa baru yang belum ada sebelumnya. Tujuan dari usaha RINGAN adalah memberikan inovasi produk baru terhadap risol dengan mengubah isiannya menjadi ayam suwir, sambal lengkap dengan lalapannya, mengenalkan produk baru risol yang dibalut oleh roti tawar, menciptakan ladang bisnis untuk menciptakan kreativitas terhadap gorengan agar lebih beragam oleh Masyarakat. Tahapan pelaksanaannya, RINGAN menggunakan metode planning, organizing, actuating, controlling, dan evaluating. Kegiatan pemasarannya menggunakan strategi product, price, place, promotion. Usaha RINGAN menggunakan metode Cost Plus Pricing dalam menentukan harga, yaitu harga jual dihitung berdasarkan biaya produksi dan biaya penjualan. Hasil penjualan yang telah dilakukan sekitar 9 bulan adalah menjual 2.135 pack produk RINGAN dengan omset Rp. 27.942.000.
No other version available