TA DIGITAL
Pengaruh Brand Awareness dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Mi Instan Merek Mie Sedaap (Studi Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Semarang) = The Influence of Brand Awareness and Perceived Quality on Purchasing Decisions for Instant Noodles Brand Mie Sedaap (Study on Semarang State Polytechnic Students)
Mie Sedaap merupakan merek mi instan terpopuler kedua di Indonesia yang diproduksi oleh Wings Food. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh brand awareness dan perceived quality terhadap keputusan pembelian mi instan merek Mie Sedaap. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, kajian pustaka, dan observasi. Populasi penelitian ini terdiri dari mahasiswa aktif Politeknik Negeri Semarang. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 7.116 orang, dengan 100 orang dipilih sebagai sampel dari seluruh mahasiswa menggunakan simple random sampling. Metode analisis data meliputi analisis statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji F, dan uji T. Metode analisis ini menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 25, menghasilkan persamaan regresi Y = -0,457 + 0,581X1 + 0,453X2. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa brand awareness dan perceived quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mi instan merek Mie Sedaap. Berdasarkan uji koefisien determinasi menghasilkan Adjusted R Square senilai 0,667 atau 66,7% artinya sebesar 66,7% keputusan pembelian (Y) dipengaruhi oleh variabel brand awareness (X1) dan perceived quality (X2), sedangkan sebesar 33,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui dalam penelitian ini.
Kata kunci: Brand Awareness, Perceived Quality, dan Keputusan Pembelian
No other version available