TA DIGITAL
Rancang Bangun dan Redesign Uji Alat Shock Absorber dengan Menggunakan Variable Speed dan Variable Stroke = Design and Redesign Test Equipment Shock Absorber with Use Variable Speed and Variable Stroke
Kendaraan roda empat memiliki Shock absorber yang merupakan bagian dari sistem suspensi yang dapat meningkatkan kenyamanan berkendara, Kenyamanan berkendara memiliki hubungan langsung dengan peredam getaran pada suspensi. Tujuan pengujian ini untuk mengevaluasi performa Shock absorber kendaraan Toyota Calya 1200 CC dengan kondisi Shock absorber baik dan shock absorber rusak dikarenakan terjadi kebocoran pada seal dan ketidak lurusan silinder dengan membandingkan gaya redam yang dihasilkan menggunakan kecepatan non linear. Pengujian ini menggunakan metode pengujian data yaitu half car model. Hasil dari pengujian adalah koefisien redaman shock absorber baik pada stroke 60 [mm], 90 [mm], dan 120 [mm] berturut-turut adalah 2170,95 [Ns/m], 2423,60 [Ns/m], dan 2147,42 [Ns/m]. Untuk Shock absorber rusak, koefisien redaman pada stroke yang sama adalah 926,40 [Ns/m], 1359,01 [Ns/m], dan 1636,17 [Ns/m]. Dalam simulasi menggunakan asumsi dengan panjang stroke 120 [mm], rasio redaman Shock absorber baik dan rusak adalah 0,22 dan 0,15. Hasil simulasi pada kecepatan 60 [km/jam] menunjukkan amplitudo perpindahan Shock absorber baik lebih kecil sebesar dengan selisih 0,1% dibandingkan dengan rusak. Namun, pada kecepatan 90 [km/jam] dan 120 [km/jam], nilai amplitudo perpindahan shock absorber rusak lebih kecil dibandingkan yang baik dengan selisih 0,2%.
No other version available