SKRIPSI DIGITAL
Strategi Pengembangan Asuransi Jiwa Menggunakan Metode SWOT dan QSPM (Studi Kasus Taspen Life Kantor Cabang Semarang) = Life Insurance Development Strategy Using SWOT and QSPM Methods (Case Study of Taspen Life Semarang Branch Office)
Tujuan dilakukan penelitian ini untuk merumuskan strategi pengembangan usaha pada Taspen Life Kantor Cabang Semarang dalam industri asuransi jiwa. Taspen Life yang merupakan anak perusahaan dari PT Taspen disebut sebagai PT Asuransi Jiwa Taspen dengan berbagai manfaat. Analis data dalam penelitian ini menggunakan Matriks IFE (Internal Factor Evaluation), Matriks EFE (External Factor Evaluation), CPM (Competitive Profile Matrix), Matriks IE (Internal-External), Matriks SWOT (Strength-Weakness-Opportunity-Threats), dan QSPM (Quantitative Strategic Planning). Perolehan total skor tertimbang IFE (Internal Factor Evaluation) sebesar 2,651 dan total skor tertimbang EFE (External Factor Evaluation) sebesar 2,773. Posisi persaingan perusahaan berdasarkan CPM memperoleh total skor sebesar 3,612. Hal ini menunjukkan perusahaan berada pada urutan dari empat perusahaan yang dibandingkan. Matriks IE (Internal-External) menunjukkan perusahaan berada di kuadran V (hold and maintain) menghasilkan strategi integrasi dan penetrasi pasar. Matriks SWOT (Strength-Weakness-Opportunity-Threats) menghasilkan enam strategi alternatif yang akan dijadikan strategi prioritas berdasarkan QSPM yaitu
menciptakan inovasi produk dengan dukungan perusahaan induk guna meningkatkan pendapatan dengan nilai Total Attractive Score (TAS) sebesar 6,736.
Kata Kunci : Manajemen Strategi, Industri Asuransi, Matriks SWOT, QSPM.
No other version available