SKRIPSI DIGITAL
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Adopsi Bank Digital Jenius pada Generasi Y dan Z di Indonesia = Analysis of Factor Affecting The Adoption of Jenius Digital Bank on Generation Y and Z in Indonesia
Berlian Dwi Cendrayani. “Analisis Faktor-Faktor yang Mepengaruhi Adopsi Bank Digital Jenius pada Generasi Y dan Z di Indonesia”. Skripsi Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang, di bawah bimbingan Dra. Budhi Adhiani Christina, MT., dan Ulfah Hidayati, S.E., M.Si.Akt., Juli 2024 70 Halaman.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi bank digital Jenius pada generasi Y dan Z di Indonesia. Responden pada penelitian ini adalah pengguna aplikasi Jenius generasi Y dan Z di Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah purposive sampling. Kuesioner yang dibagikan terdiri dari 28 indikator dengan menggunakan skala likert 1-5. Penyebaran kuesioner dilakukan secara online melalui media google form dengan jumlah sampel sebanyak 205 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan software SmartPLS V 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi manfaat dan persepsi risiko berpengaruh signifikan terhadap adopsi bank digital Jenius. Faktor persepsi manfaat yang meliputi manfaat ekonomi, kelancaran transaksi, dan kenyamanan berpengaruh signifikan terhadap persepsi manfaat. Faktor persepsi risiko yang meliputi risiko keuangan, risiko keamanan, dan risiko kinerja berpengaruh signifikan terhadap persepsi risiko.
Kata kunci: Jenius, adopsi, persepsi manfaat, persepsi risiko, generasi Y dan Z.
No other version available