TA DIGITAL
Rancang Bangun Transmisi Chain Dan Timing Belt Untuk Motor Listrik 2 kW Terhadap Performa Kendaraan Motor Konversi Listrik = Design And construction Of a Transmission Chain And Timing Belt For a 2 kW Electric Motorbike On The Performance Of An Electric Motorbike Conversion
Sistem pemindah tenaga merupakan suatu system yang berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin sampai ke roda. tujuan dari tugas akhir ini yaitu untuk membandingkan torsi dan daya pada motor konversi listrik 2 kW menggunakan transmisi timing belt dan rantai. Metode perancangan transmisi melibatkan jumlah gigi, dengan rasio yang sama antara transmisi rantai dan timing belt. Pengujian dilakukan dengan alat dynotest. Hasil pengujian yang telah dilakukan pada rasio 1:6 transmsisi timing belt memiliki torsi dan daya yang lebih besar dari transmisi rantai yaitu sebesar 18,42 Nm dan 4,43 kW dengan selisih perbandingan 0,051% dan 0,091% pada daya. Pada rasio 1:4,5 transmisi rantai memiliki torsi yang lebih besar yaitu sebesar 13,75 Nm dengan selisih perbandingan 0,006% tetapi transmisi timing belt mendapatkat daya yang lebih besar yaitu sebesar 3,91 kW dengan selisih perbandingan 0,0015%. Pada rasio 1:3,16 transmisi rantai memiliki torsi dan daya yang lebih besar dari transmisi timing belt yaitu sebesar 11,07 Nm dan 4,74 kW dengan selisih perbandingan yang sama yaitu 0,013% pada torsi dan daya. Dari ketiga pengujian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa transmisi rantai dianggap lebih efisien dalam mentransfer torsi dan daya disbanding transmisi menggunakan timing belt.
No other version available