TA DIGITAL
Analisis Termodinamika Turbofan Engine Model CFM56-3C Berdasarkan Hasil Pengujian Pada Kondisi Take Off dan Spesifikasi Engine = Thermodynamic Analysis of Turbofan Engine Model CFM56-3C Based on the Results of Test Results on Take Off Conditions and Engine Specifications
Mochamad Rafi’, Analisis Termodinamika Turbofan Engine Model CFM56-3C Berdasarkan Hasil
Pengujian Pada Kondisi Take Off dan Spesifikasi Engine, F Gatot Sumarno, S.T., M.T., Nanang
Apriandi M.S, S.T., M.T., 2024, 69 Halaman.
Penelitian ini untuk mengetahui proses siklus, exergy, dan improvement pada
engine pesawat terbang narrow body CFM56-3C. Proses pengerjaan penelitian ini
diawali studi literatur, pengambilan data, perhitungan dan analisa data dengan
menggunakan software EES. Berdasarkan perhitungan analisa metrik
penerbangan performa turbofan engine CFM56-3C adalah sebagai berikut SFC
sebesar 0,0101 ????????
????????????
, TR sebesar 4,52, dan ST sebesar 305,91 ????????
????????
.Nilai efisiensi
exergy pada setiap komponen turbofan engine CFM56-3C yaitu fan 89,49%, nosel
dingin/fan nozzle 97,93%, kompresor 89,11%, ruang bakar/CC 76,09%, HPT
89,7%, LPT 90,23%, nosel panas/core nozzle 98,28%. Nilai efisiensi exergy untuk
keseluruhan engine sebesar 33,13%.Ruang bakar adalah komponen dengan nilai
exergy destruction ratio tertinggi pada engine yaitu sebesar 52,36%, nilai exergy
improvement potential ratio tertinggi sebesar 23,91%, dan nilai sustainable
efficiency factor terendah sebesar 4,182%. Hal ini membuat ruang bakar menjadi
komponen dengan prioritas pengembangan paling tinggi.
Kata Kunci : Turbofan, Exergy, Exergy Destruction
No other version available