SKRIPSI DIGITAL
Analisa Skala Prioritas Perawatan Gedung Hotel Chantu dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Analytical Network Process (ANP) = Analisa Skala Prioritas Perawatan Gedung Hotel Chantu dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Analytical Network Process (ANP)
Bangunan Hotel adalah bangunan yang mempunyai banyak ruangan yang disewakan untuk tempat penginapan. Hotel Chanti beroperasi selama 24 jam, tentu harus menjaga fasilitas gedung selalu dalam kondisi yang aman dan nyaman. Departemen Engineering telah menerapkan penjadwalan perawatan dan perbaikan gedung, namun pada pelaksanaanya tidak sesuai. Dikarenakan terganggunya prioritas perawatan dan perbaikan yang berfokus pada komplain pengguna gedung. Hal tersebut mengakibatkan efek domino pada keterlambatan penanganan kerusakan komponen yang berujung tidak terukurnya kerusakan bangunan, dimana kerusakan ringan bisa menjadi besar bahkan dapat merusak komponen lain. Maka dari itu perlu dilakukan analisa prioritas dalam perawatan dan perbaikan gedung. Tujuan penelitian ini mengidentifikasi tingkat kerusakan kondisi fisik bangunan gedung Hotel Chanti Semarang lalu menentukan urutan prioritas perawatan dan perbaikan bangunan gedung Hotel Chanti Semarang menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Analytical Network Process (ANP). Data didapatkan dari survei lokasi dan penyebaran kuesioner sebagai data primer sementara jurnal terdahulu dan peraturan yang berlaku sebagai data sekunder. Hasil analisis menunjukan bahwa kriteria utama perawatan gedung peringkat pertama adalah kriteria keselamatan dengan nilai bobot 9,922% pada metode AHP dan 9,936% pada metode ANP, peringkat kedua kriteria kenyamanan dengan nilai bobot 8,143% pada metode AHP dan 8,138% pada metode ANP, peringkat ketiga kriteria kesehatan dengan nilai bobot 7,470% pada metode AHP dan 7,468% pada metode ANP. Berdasarkan model hierarki yang telah dirancang, ditemukan Model Prioritas Pengambilan Keputusan Perawatan Gedung Hotel Chanti dengan mempertimbangkan kriteria seperti keselamatan, kenyamanan, kesehatan, kemudahan akses, keterbatasan sumber daya manusia, keluhan pengguna, dan biaya.
No other version available