TA DIGITAL
Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus di wilayah KPP Pratama Jakarta Jatinegara) = The Influence Of Taxpayer Awareness And The Quality Of Fiscal Services On Individual Taxpayer Compliance (A Case Study in the area KPP Pratama Jakarta Jatinegara)
ABSTRAK
Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus di wilayah KPP Pratama Jakarta Jatinegara)
KPP Pratama Jakarta Jatinegara adalah salah satu instansi vertikal eselon III
Direktorat Jenderal Pajak yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesadaran Wajib pajak dan kualitas pelayanan fiskus terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Jakarta Jatinegara. Penelitian ini menggunakan skala likert terhadap 100 responden Wajib Pajak Orang Pribadi di wilayah KPP Pratama Jakarta Jatinegara. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa kesadaran Wajib Pajak dan kualitas pelayanan fiskus berpengaruh positif dan secara signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi, dengan persamaan regresi sebesar Y = 1,968 + 0,814X1 + 0,305X2, nilai thitung setiap variabel > ttabel(1,984), dan nilai fhitung(99,712) > ftabel(3,09). Hasil koefisien determinas, besarnya Adjusted R Square adalah 0,666 atau 66,6% bahwa kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dipengaruhi oleh kesadaran Wajib Pajak dan kualitas pelayanan fiskus, sedangkan sebesar 0,334 atau 33,4% kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Kepatuhan
Wajib Pajak Orang Pribadi
No other version available