TA DIGITAL
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pengalaman Pelanggan, dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani Semarang = The Influence of Service Quality, Customers' Experience, and Perceived Ease of Use on Customers' Satisfaction at Jenderal Ahmad Yani Airport, Semarang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan,
pengalaman pelanggan, dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap kepuasan
pelanggan pada Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani Semarang. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi, dan studi pustaka.
Kuesioner yang digunakan adalah Skala Likert dan teknik pengambilan sampel
yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel 100 responden yang
melakukan keberangkatan di Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani Semarang.
teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi
klasik, regresi linier berganda, uji F, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil
penelitian ini menggunakan alat analisis SPSS versi 25 yang menunjukkan bahwa
kualitas pelayanan, pengalaman pelanggan, dan persepsi kemudahan penggunaan
secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Bandar Udara
Jenderal Ahmad Yani Semarang. Lalu secara parsial, kualitas pelayanan,
pengalaman pelanggan, dan persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil koefisien determinasi
menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, pengalaman pelanggan, dan persepsi
kemudahan penggunaan mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 69,7%
sementara 30,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam
penelitian ini.
No other version available