SKRIPSI DIGITAL
Penggunaan Augmented Reality Sebagai Media Promosi Wisata Kelenteng Sam Poo Kong Kota Semarang = The Use of Augmented Reality as a Promotional Media for Sam Poo Kong Temple Tourism in Semarang City
Muhammad Athallah Annaafi. “Penggunaan Augmented Reality Sebagai Media Promosi Wisata Kelenteng Sam Poo Kong Kota Semarang”, Tugas Akhir D4 Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Semarang, dibawah bimbingan Bapak Mardiyono, S.Kom., M.Sc. dan Tri Raharjo Yudantoro, S.Kom., M.Kom.
Kelenteng Sam Poo Kong merupakan salah satu destinasi wisata sejarah dan budaya yang penting di Kota Semarang. Namun, belum terdapat media digital tentang objek-objek di Sam Poo Kong untuk lebih menarik wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi wisata Sam Poo Kong berbasis Augmented Reality (AR). Metode penelitian ini menggunakan metode MDLC meliputi analisis, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Penelitian ini di uji dengan metode blackbox dan kuisioner. Hasil pengujian dengan metode blackbox menunjukkan bahwa semua fitur di aplikasi berfungsi dengan baik. Hasil dari pengujian kuisioner mendapatkan tingkat kepuasan setinggi 89%. Penerapan dari aplikasi ini diharapkan mampu meningkatkan minat dan pengetahuan wisatawan tentang Kelenteng Sam Poo Kong.
Kata kunci : Sam-Poo-Kong, Augmented Reality, Mobile, MDLC
No other version available