TA DIGITAL
Analisis tingkat kepuasan nasabah tabungan BritAma pada PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk cabang Semarang Pandanaran
Penelitian yang berjudul Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah Tabungan BritAma pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Semarang Pandanaran bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan nasabah tabungan bank tersebut berdasarkan Tangible (bentuk fisik), Reliability (kehandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), dan Empathy (empati, perhatian) pada Bank BRI Cabang Semarang Pandanaran.
Desain dari penelitian ini adalah penelitian terapan menggunakan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, kuesioner (angket), studi pustaka dan metode pengolahan data adalah editing, tabulasi. Metode analisis datanya adalah uji validitas, uji reliabilitas, pengukuran kepuasan. Sampel yang diambil adalah 60 nasabah tabungan BritAma Bank BRI cabang Semarang Pandanaran dengan menggunakan teknik Accidental Sampling.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan nasabah Tabungan BritAma pada Bank BRI Cabang Semarang Pandanaran adalah baik, karena weighting average dari tingkat kepuasan produk BritAma berada dalam skala puas dengan nilai skala kepuasan 3,978. Implikasi manajerial yang dapat diberikan adalah saran bagi manajemen BritAma BRI Cabang Semarang Pandanaran tentang kepuasan nasabah berdasarkan dimensi kualitas layanan yang dapat digunakan untuk mengambil kebijakan dalam rangka mencapai pelayanan yang lebih baik. Keterbatasan penelitian ini adalah menggunakan kuesioner bersifat tertutup dan penelitian hanya dilakukan pada BRI Cabang Semarang Pandanaran. Penelitian mendatang sebaiknya menggunakan kuesioner tertutup dan terbuka agar dapat mengungkapkan semua keinginan nasabah, dan penelitian dilakukan pada lebih dari satu obyek penelitian agar dapat dibandingkan antara Bank satu dengan lainnya.
No other version available